Polsek Sanankulon – Bertempat di Lapnagan Bhirawa Desa Kalipucung dilangsungkan Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun 2019. Upacara HUT Kemerdekaan ini dipimpin oleh Camat Sanankulon Bapak Dodot Darudono, S.STP, M.AP, selanjutnya bertindak sebagai Komandan Upacara Serka Kukuh Koramil Sanankulon dan diikuti oleh peserta upacara meliputi Jajaran Muspika Kec. Sanankulon, Instansi dan Lembaga Pendidikan se-Kec. Sanankulon, Jajaran Pemerintah Desa se-Kec. Sanankulon dan para undangan dari berbagai elemen masyarakat.  Sabtu 17 Agustus 2019.

Rangkaian acara dimulai dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka yang telah gigih berlatih jauh hari sebelum pelaksanaan Upacara. Upacara berlangsung dengan khidmat dan penuh penghayatan dari seluruh peserta dan para undangan yang hadir. Sang Saka Merah Putih mencapai puncak dan berkibar di tiang bendera pada pukul 10.00 pagi tepat detik detik Proklamasi Kemerdekaan.

Tanggal 17 Agustus merupakan hari yang istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya pada tanggal ini Indonesia telah bebas dari penjajahan. Oleh karena itu maka tak heran apabila banyak masyarakat Indonesia memperingatinya dengan mengadakan upacara bendera. Setelah Upacara selesai, dilanjutkan dengan resepsi tasyakuran doa bersama dan potong tumpeng di Aula Pendopo Kecamatan Sanankulon sebagai ungkapan syukur atas nikmat Kemerdekaan.

Suasana kemeriahan begitu terasa dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 ini. Dimana kegembiraan dapat dirasakan mulai dari pelosok kampung, sekolah, instansi hingga lembaga Pemerintahan. Semua bersuka ria dalam memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia ini. Salah satu bagian yang penting dalam upacara adalah pembacaan pidato sambutan yang dibacakan oleh Inspekur upacara. Dengan mengambil tema SDM UNGGUL INDONESIA MAJU yang menggambarkan visi Pemerintah Indonesia yang terus berusaha dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. “Kita butuh sumber daya manusia unggul yang berhati Indonesia dan berideologi Pancasila. Kita butuh sumber daya manusia unggul yang toleran dan berakhlak mulia. Kita butuh sumber daya manusia unggul yang terus belajar, bekerja keras dan berdedikasi tinggi untuk kemajuan Indonesia”. petikan isi pidato yang dibacakan oleh Inspektur Upacara saat Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 di Lapangan Bhirawa Kalipucung Sanankulon. MERDEKA !!!