Ceramah kamtibmas jelang hari raya Idul Fitri 1444H di masjid Baiturrahman Desa Jiwut Kecamatan Nglegok

Kedatangan bulan Syawal memberikan kesan tersendiri bagi umat Islam. Dengan berakhirnya bulan Suci Ramadhan, warga menyambut datangnya Idul Fitri dengan sukacita dan berbagai kegiatan.

Jelang idul fitri, beberapa warga mulai banyak mempersiapkan untuk lebaran. Warga mengisi dengan berbagai kegiatan positif. Terutama yang berhubungan dengan ibadah.

Beberapa warga juga sudah mempersiapkan acara takbir keliling dan takbir di masjid untuk mengisi malam 1 Syawal.

Kerawanan pencurian terjadi saat warga keluar melakukan mudik lebaran. Selain itu juga, takbir keliling dengan menggunakan sound system yang besar meresahkan warga. Selain itu, petasan juga tetap menjadi hal yang meresahkan warga.

Jum’at, 21 April 2023, Kapolsek Nglegok berkesempatan memberikan himbauan kamtibmas kepada jamaah sholat Jum’at di masjid Baiturrahman di Desa Jiwut.

Pada kesempatan kali ini disampaikan, untuk takbir keliling yang menggunakan sound system yang besar sebenarnya sudah ada edaran berupa surat larangan dari bupati. Yang jelas melarang takbir keliling pada saat Idul Fitribdengan menggunakan sound system yang besar.

“Kami berharap warga tidak bermain petasan dan merakit petasan yang dapat membahayakan lingkungan. Dan kami akan meningkatkan patroli himbauan kepada warga”. Ungkap Iptu Nur Budi.

“Barang-barang yang berharga juga diharapkan disimpan di tempat yang aman apabila ditinggalkan untuk mudik lebaran. Kita isi Idul Fitri kali ini dengan hal-hal positif dan bermanfaat serta tetap kita jaga kamtibmas lingkungan agar tetap kondusif”. Pungkas Iptu Nur Budi.