Polsek Sanankulon – Aipda Eko selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon hari ini melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran Perangkat Desa guna sampaikan himbauan berkaitan dengan sejauh mana penanganan serta pencegahan terhadap wabh Covid-19 ditingkat Desa. Kamis, 6 Agustus 2020. Bersama dengan Pemerintah Desa setempat, diharapkan sinergitas dalam pencegahan Covid ini dapat secara maksimal dilaksanakan sehingga warga masyarakat kita terlindungi melalui berbagai cara dan upaya yang melibatkan peran aktif semua pihak. Seperti contoh pendisiplinan masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktifitas, selalu menjaga jarak dan menerapkan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan.

Secara terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa ada beberapa poin yang harus dilakukan dalam mempercepat penanggulangan Covid-19 di tingkat desa. Yaitu diantaranya yang pertama Perangkat desa harus mengolah arus data dan informasi seluruh warganya. Data dan informasi mencakup kondisi ekonomi warga, untuk menjaga kualitas hidup dan kesehatan mereka selama wabah. Selanjutnya Perangkat desa juga harus mampu mengelola kendali informasi terkait Covid-19. Jangan sampai masyarakat cemas dalam menghadapi wabah ini karena ketidakjelasan informasi yang ada. Harus bisa menjelaskan dengan baik bahwa penularan dan sebagainya, pencegahan sebagainya kepada masyarakat.

Langkah lain yang dapat ditempuh yaitu Perangkat desa menangambil inisiatif mitigasi dampak sosial dan ekonomi terhadap warganya. Bagaimana dampak sosial dari kondisi darurat Covid-19 terhadap kegiatan keagaaman hingga kebudayaan. Misalnya, imbauan untuk sementara waktu menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Kemudian Perangkat desa dapat membuat pranata sosial baru yamg sesuai dengan kebutuhan di desa. Hal ini untuk mencegah terjadinya konflik sosial selama pandemi. Contohnya aturan baru dalam menerima tamu, pemakaman, termasuk kegiatan keamaan dan lingkungam. Itu diatur kepala desa yang diputuskan dalam peraturan desa. ungkap Kapolsek Sanankulon.