Polsek Sanankulon – Bripka Nuki Wahyu selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon hari ini melaksanakan patroli dialogis kamtibmas bersama dengan 3 pilar bertempat di Pendopo Kantor Desa Sumberingin. Selasa 21 Januari 2020. Kegiatan patroli dialogis kamtibmas ini dapat dikatakan rutin dilaksanakan untuk memupuk komunikasi dan sinergi diantara masing masing instansi. Dengan demikian diharapkan siskamtibmas dapat terpelihara kondusif karena kekompakan pemerintah yang menjadi tauladan warga masyarakat di desa.

Saat sekarang memasuki musim penghujan sehingga rawan terjadi bencana alam yang dapat merugikan masyarakat. Dengan sinergitas 3 pilar yang ada di desa maka harapannya situasi kamtibmas dan potensi bencana alam akan dapat diminimalisir seminim mungkin. Melalui upaya upaya pencegahan diantaranya melaksanakan kerja bakti membersihkan selokan, parit dan aliran air lainnya. Kekompakan 3 pilar ini secara tidak langsung akan memberikan contoh atau tauladan kepada warga masyarakat untuk bersama sama menjaga siskamtibmas dan mencegah terjadinya bencana alam.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S SH. mengatakan bahwa Tiga pilar di pemerintahan desa/kelurahan yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa/Lurah harus bersinergi dalam mendeteksi dini gangguan Kamtibmas. Untuk itu, dalam mensinergikan peran ketiga pilar tersebut maka harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen untuk mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan. Tidak hanya itu, ketiga unsur ini juga harus dapat membangun kemitraan, berpartisipasi aktif dan juga ikut pro aktif dengan kegiatan masyarakat. Terlebih saat sekarang musim penghujan, diharapkan peran 3 pilar ini benar benar terjun ke masyarakat dalam upayanya mencegah serta menanggulangi terjadinya bencana alam, tentu dengan dukungan dan peran aktif dari warga masyarakat. tutur Kapolsek Sanankulon.