Polsek Sanankulon – Tahapan demi tahapan rencana Pilkades serentak Kabupaten Blitar tahun 2019 terus berjalan. Hingga saat ini memasuki penetapan bakal calon Kepala Desa. Pada wilayah Kecamatan Sanankulon terdapat sebayak 8 (delapan) desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak, diantaranya Desa Plosoarang, Desa Tuliskriyo, Desa Purworejo, Desa Bendosari, Desa Kalipucung, Desa Sumber, Desa Sumberingin dan Desa Gledug. Anggota Bhabinkamtibmas dari kedelapan desa tersebut terus menempel dan memonitor perkembangan situasi serta terjun langsung dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan berkaitan dengan tahapan Pilkades yang ada di desa. Senin 26 Agustus 2019 tadi malam.

Bahbinkamtibmas mempunyai peran penting dalam setiap tahapan Pilkades. Posisi yang sangat strategis dalam mengelola segala potensi kerawanan kamtibmas sebagai dampak diselenggarakannya Pilkades tersebut. Mulai dari tahap awal hingga ahir anggota Bhabinkamtibmas tetap ada dan mengikuti setiap perkembangan situasi yang ada. Seperitikegiatan tadi malam yang diselengarakan oleh panita Pilkades Desa Sumber. Dalam tahap penetapan serta pengundian nomor urut bakal calon Kepala Desa, anggota Bhabinkamtibmas Bripka Andik Prasetyo ada dan turut dalam kegiatan tersebut.

Selain itu peran sebagai anggota Bhabinkamtibmas juga menggali informasi yang berkembang dimasyarakat. Pesta demokrasi dalam wadah Pilkades jangan sampai dijadikan wadah untuk persaingan yang tidak sehat dan menghalalkan segala cara. Dsinilah anggota Bhabinkamtibmas dituntut untuk dapat mengelola potensi potensi kerawanan sehingga tidak terjadi konflik yang berakibat pada gangguan kamtibmas.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH memerintahkan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas untuk terjun lagsung ke desa. Pertajam jaringan informasi dari berbagai elemen masyarakat serta steakholder yang berkaitan langsung dengan Pilkades ini. Gali informasi yang dalam dan laporkan secara cepat kepada pimpinan apabila mengetahui ada indikasi indikasi kerawanan kamtibmas yang akan terjadi di masyarakat. Semoga tahapan demi tahapan rencana Pilkdes serentak Kabupaten Blitar tahun 2019 ini akan berjalan sesuai dengan rencana dan masyarakat sebagai obyek dalam Pilkades tetap rukun dan tentram dalam kehidupan sehari hari hingga pasca Pilkades atau pelantikan Kepala Desa terpilih nanti. pungkas kapolsek Sanankulon.