Pada hari Sabtu tanggal 31 Juli 2021 Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto S.Sos., bersama sama dengan anggota melaksanakan kerja bakti di Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Hadir juga dalam kerja bakti tersebut Bhabinkamtibmas Desa Tunjung dan Kepala Desa Tunjung beserta perangkatnya serta para relawan Covid-19. Kerja Bakti hari ini fokus untuk tempat isolasi terpusat sebagai persiapan komponen pembentukkan kampung tangguh Semeru Desa Tunjung dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Desa Tunjung.

Mengingat situasi pandemi ini belum selesai dan masih ada terus penambahan kasus Covid-19, untuk itu Desa juga harus berperan bersama sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mencegah dan menanggulangi Covid-19.

Desa Tunjung telah menyiapkan tempat isolasi terpusat untuk warga masyarakat, yang bergejala sedang, berat atau berusia diatas 45 tahun, atau memiliki komorbid, dan atau tidak memiliki tempat yang memadai melakukan isolasi mandiri. Sehingga bisa menghindari kontak erat dengan anggota keluarga lainnya yang tinggal dalam 1 rumah.

Dengan melakukan isolasi terpusat, manfaat yang didapatkan seperti perawatan pasien diawasi langsung oleh tenaga kesehatan dan dipantau baik tanda vital, gejala, pola makan dan obat-obatannya. Sehingga jika terjadi perburukan dapat langsung ditangani.

Namun, jika masyarakat yang dinyatakan positif memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri, pastikan tidak memiliki gejala atau bergejala ringan, berusia kurang dari 45 tahun, tidak memiliki komorbid dan memiliki tempat yang memadai. Sehingga bisa menghindari kontak erat dengan anggota keluarga lainnya yang tinggal dalam 1 rumah.

Saat ditemui Kapolsek Udanawu mengatakan bahwa di buatnya tempat isolasi terpusat yang ada di desa ini sangat membantu bagi warga yang positif Covid-19, sehingga tidak terjadi kontak erat dengan keluarganya. Dan di Desa akan membantu memfasilitasi kebutuhan sehari hari bagi yang melakukan isolasi. Pastikan selama isolasi, untuk makan makanan yang bergizi, minum obat secara teratur dan secara berkala mengecek termperatur serta saturasi oksigen. “Ucap Kapolsek”