Pada hari Kamis tanggal 13 Pebruari 2020 Kapolsek Udanawu Akp Eko Suryadi SH, menghadiri undangan pelaksanaan Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat oleh Bapak Bupati Blitar Poktan Tani Makmur Mandiri di Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Sekitar pukul 10.30 Wib Bapak Bupati Blitar Drs. H. RIYANTO, MM beserta rombongan tiba di Desa Besuki dan di Sambut langsung oleh Muspika Kecamatan Udanawu beserta Kepala Desa Besuki, masyarakat Desa Besuki menyambut baik atas kedatangan Bapak Bupati Blitar.

Dalam kegiatan Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat oleh Bapak Bupati Blitar Poktan Tani Makmur Mandiri dihadiri oleh sbb :
1. Bupati Blitar Bapak Drs. H. RIYANTO, MM
2. Anggota DPR Andi Widodo PAN
3. Kepala dinas pertanian dan pangan Kab. Blitar Ibu Tutik Suhariyat
4. Kepala dinas PPK Ulfi zulfikar
5. Muspika Udanawu
6. Kades se Udanawu
7 . Petugas PPL se Udanawu
8. Kelompok Tani anggota Gapoktan se Kecamatan Udanawu
9. Kelompok Tani se desa Besuki
10. Toga tomas Desa Besuki
11. Formulator PT. Internasional Bayern produk pupuk NPK cap tawon
12. BISI internasional bisi 18 produk jagung super hibrida.

Sebelum acara peresmian Lumbung Pangan Masyarakat di mulai di awali dengan Sambutan Kepala Desa Besuki ibu Siti Umi Hanik dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Bupati Blitar Drs. H. RIYANTO, MM dalam sambutannya Bapak Bupati menjelaskan bahwa persoalan pangan tidak semata menjadi domain tanggung jawab pemerintah namun perlu melibatkan dan memberdayakan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Pasal 33 ayat 2 Undang-Undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah memfasilitasi pengembangan cadangan pangan masyarakat sesuai dengan kearifan lokal. Untuk itu saya sebagai Bupati Blitar sangat mendukung dengan adanya Lumbung Pangan Masyarakat Poktan Tani Makmur Mandiri di Desa Besuki ini, semoga dengan adanya Lumbung ini dapat meningkatkan volume cadangan pangan kelompok untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya; dan Meningkatkan modal kelompok melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan.

Diharapkan dengan diresmikannya Lumbung Pangan Masyarakat ini warga Masyarakat Desa Besuki semakin makmur dan kesejahteraan masyarakat juga meningkatkan sehingga Desa Besuki menjadi Desa yang maju dan produktif.

Setelah selesai memberikan sambutan Bapak Bupati melaksanakan peresmian secara simbolik di kantor Gapoktan Tani Makmur Mandiri Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. pelaksanaan tersebut selesai pukul 12.00 wib situasi aman kondusif