Dalam rangka menciptakan rasa aman saat pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2022, ketua panitia penyelenggara pemilihan kepala desa Desa Karanggondang menggelar pembinaan Linmas di Balai Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Senin, 12 Desember 2022.

Pelaksanaan pembinaan Linmas ini dilaksanakan malam hari pukul 20.00 wib. yang dilaksanakan dalam rangka persiapan pengamanan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak Kabupaten Blitar. Kebetulan untuk wilayah hukum Polsek Udanawu hanya satu desa yang melaksanakan Pilkades serentak ini yaitu Desa Karanggondang.

 

Hadir dalam pembinaan Linmas tersebut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos., Sdr. Istiadi Kasi Trantib Kecamatan Udanawu, Sdr.Mujianto (Ketua Pilkades Ds.Karanggondang), Sdr.Hadi Eko Siswanto (Pj. Kades Karanggondang), Aipda Dedy Setya N, SH (Knt Intelkam),Bripka Hendra (Bhabinkamtibmas), Serma Edi (Babinsa) dan Linmas Desa Karanggondang.

 

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

 

Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk memberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahanan di wilayah. Misalnya dalam proses yang akan dilaksanakan yaitu pengamanan pemilihan kepala Desa, Linmas harus mampu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, meskipun diwilayah desa Karanggondang merupakan wilayah yang yang aman, nyaman dan kondusif setiap ada pesta demokrasi pemilu. Tetapi guna untuk mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan Linmas agar sigap dalam masalah lainnya misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal dan dapat tertangani cepat.

 

Pada pelatihan dan pembinaan linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing.

 

Kapolsek Udanawu Akp. Anjun Sudaryanto S.Sos. dalam arahannya mengatakan “Sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayah, saling bersinergi antara masyarakat sipil dengan POLRI dan TNI. Diharapkan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di desa Karanggondang yang pelaksanaannya hari ini berjalan dengan aman kondusif. “Pungkas Kapolsek “