Selain Harkamtibmas, tugas pokok Polri adalah Gakkum atau penegakan hukum. Di era sekarang, Polri dituntut untuk tegas sekaligus humanis dalam menjalankan tugasnya menegakkan hukum untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan metode Problem Solving. Dengan demikian Polri mulai melakukan pendekatan yang memahami keinginan masyarakat. Pendekatan ini dapat membuat masyarakat begitu butuh dan bergantung akan sosok kehadiran Polri. Salah satu contohnya penanganan berbagai masalah yang muncul di tengah-tengah masyarakat.

Seperti contoh di Ds. Bendowulung, pada hari ini Rabu tanggal 04 April 2018, Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani, SH. bersama Kepala Desa setempat bermusawarah dengan pihak-pihak yang terkait dalam suatu permasalahan. Nampaknya langkah ini begitu efektif dalam mencari solusi atau jalan keluar dari suatu permaslahan yang sedang dihadapi di Desa. Dengan demikian semua pihak tidak ada yang merasa dirugikan atas permaslahan tersebut.

Kapolsek Sanankulon menambahakan, dengan metode ini Polri semakin dekat dengan masyarakat. Kehadiran Polri ditengah masyarakat secara nyata dapat dirasakan manfaatnya, terlebih dengan metode ini masyarakat merasa terbantu dan terselesaikan atas permaslahan yang dihadapinya.