Sanankulon – Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani SH beserta anggota melaksanakan patroli wilayah yang kegiatannya diisi dengan sambang atau kunjung ke tokoh-tokoh yang ada di masyarakat. Patroli ini dipimpin langsung oleh Kapolsek dengan maksud untuk memperet tali silaturahmi dengan semua tokoh dan element yang ada di masyarakat.

Langkah ini secara tidak langsung dapat membangun hubungan emosional antara masyarakat dengan petugas. Sehingga segala aspirasi ataupun keluhan yang dihadapi oleh masyarakat berkaitan dengan gangguan kamtibmas dapat disampaikan kepada petugas saat berpatroli tanpa ada rasa takut dan sebagainya.

Selanjutnya Kapolsek Sanankulon selalu menegaskan bawasannya patroli tidak hanya berputar putar saja, melainkan sesekali waktu berhenti dan dialogis kepada siapa saja yang ditemui agar tercipta hubungan yang akbrab. Biasanya masyarakat akan merasa malu atau takut saat akan melaporkan sesuatu yang dialaminya, namun dengan intensitas petugas dilapangan yang bersikap ramah, hal itu sedikit demi sedikit akan terkikis. Sehingga masyarakat akan merasa terlayani dan terayomi dengan baik.

Selain itu mengingat saat sekarang adalah tahun Politik dimana sebentar lagi akan berlangsung Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Tentu situasi yang ada dalam kehidupan masyarakat akan terdampak oleh event Politik tersebut, sehingga perlu adanya sebuah komunikasi yang harmonis antara petugas dengan tokoh-tokoh yang ada dimasyarakat. Hal ini dikandung maksud atau tujuan agar sekecil apapun permasalahan yang ada di desa baik berkaitan dengan keamanan atu politik dapat disampaikan kepada Kapolsek atau ke anggota Bhabinkamtibmas. Dengan demikian situasi dan suasana sejuk akan tetap asri di wilayah Kecamatan Sanankulon.