Polsek Sanankulo – Kapolsek Sanankulon beserta angota hari ini memenuhi undangan Pemerintah Desa Bendosari dalam acara lomba Desa tingkat Kabupaten Blitar Tahun 2021. Kamis (25/3). Bertempat di Pendopo Kantor Desa, undangan meliputi tim penilai tingkat Kabupaten, Sat Binmas Polres Blitar Kota, Muspika Kecamatan Sanankkulon, segenap Pemerintah Desa dan peserta undangan. Kepala Desa Bendosar Bp. Tiyok mengatakan bahwa diadakan lomba desa ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 81/2015 Perihal Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan serta Perlombaan Desa dan Kelurahan.

Bp. Tiyok menambahkan bahwa loma desa ini dalam satu Kecamatan diwakili oleh satu desa. “Alhamdulillah untuk tahun 2021 ini Desa Bendosari Sanankulon mendapat kepercayaan untuk mewakili di tingkat Kabupaten Blitar.” ucap Bp. Tiyok. Menurutnya, untuk indikator penilaian lomba desa sendiri terdiri dari, Bidang Pemerintahan, kewilayahan dan Kemasyarakatan. “Untuk bidang pemerintahan terdiri dari, kependudukan, administrasi pemerintah desa (Pemdes), keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, dan inovasi, dalam mengembangkan potensi desa.” terangnya.

Sementara itu Kapolsek Sanankulon AKP Wahono dilokasi mengatakan bahwa tujuan di adakan lomba desa atau Kelurahan ini adalah salah satu upaya untuk mendorong usaha Pembangunan Masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa selama satu tahun. Disamping itu pula dalam upaya pencegahan serta penanganan Covid-19 harus tetap menjadi prioritas agar kehidupan sosial ekonomi masyarakat kembali seperti sedia kala. ungkap Kapolsek.