Tiga Pilar yang terdiri atas petugas Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa adalah unsur yang selalu bersinergi dalam mencegah gangguan-gangguan kamtibmas yang ada di Desa. Namun tidak hanya itu, tiga pilar juga mendorong dan ikut mendukung program-program pemerintah yang ada di desa. Seperti yang terlihat pada kegiatan hari ini, Kamis 05 April 2018. Desa Sanankulon Kec. Sanankulon ikut berpartisipasi menjadi peserta Lomba Desa dalam bidang Gotong  Royong Masyarakat. Nampak anggtota Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa dalam acara itu.

Lomba ini bertujuan menanamkan budaya gotong royong di masyarakat desa, mengingat dewasa ini pengaruh modernisasi dalam kehidupan masyarakat banyak berdampak pada lunturnya budaya gotong-royong, tidak terkecuali di lingkungan masyarakat desa. Karenanya untuk melestarikan budaya peninggalan leluhur itu, Pemerintah menyelenggarakan Lomba Desa Gotong Royong dalam rangkaian Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong. Selain itu juga untuk memotivasi masyarakat desa untuk menjaga kebersihan lingkungan melalui gotong royong

Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani, SH. Saat menghadiri undangan di Desa Sanankulon sangat mendukung program Pemerinah ini, melalui anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Sentot agar memberikan contoh pada warga masyarakat untuk saling gotong royong dalam kehidupan sehari hari sebagai upaya melestarikan budaya leluhur yang kian tergerus. Kapolsek juga berpesan agar budaya gotong royong ini tidak hanya sebatas saat ada perlombaan saja, namun diwujudkan dalam kehidupan sehari hari. Semoga Desa Sanankulon meraih juara dan dapat mewakili Kab. Blitar untuk tingkat perlombaan berikutnya, pungkas Kapolsek.