Pandemi Covid-19 telah melanda sebagian besar dunia, termasuk Indonesia. Diperlukan berbagai macam pencegahan dan juga adaptasi kebiasaan bersih bagi seluruh warga Indonesia agar tidak terjangkit penyakit tersebut. Banyak warga yang belum mengetahui tata cara pencegahan Covid-19 beserta kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan.

Kapolsek Kepanjenkidul Kompol Agus Ahmad Fauzi, S.H sebagai narasumber Sosialias pembentukan RW tangguh di Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar mengatakan “Keberadaan RW Tangguh yang difasilitasi oleh warga secara langsung dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat dari jajaran pengurus RT – RW sampai karang taruna, menjadi garda terdepan upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di masyarakat” Senin (31/8/2020)

Struktur personil Satuan Tugas RW tangguh ini melibatkan semua elemen warga mulai pengurus RT, Karang Taruna bahkan unsur lanjut usia, yang bertugas dalam Satgas.

Operasional Satgas ini juga dilengkapi Posko yang buka 24 jam, untuk menunjang kinerja Satgas juga dilengkapi peralatan protokol kesehatan, seperti alat pengukur suhu tubuh (thermogun), tabung penyemprot disinfektan, perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan pelindung wajah, alat komunikasi dan perlengkapan lain di Posko Satgas.

Warga sangat mendukung pendirian RW Tangguh ini yang menjadi program Pemerintah Pemerintah Kota Blitar sehingga warga dilibatkan secara langsung dalam pencegahan Covid-19 ini.

Dalam operasional Posko Satgas ini antara lain melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan bagi pelintas jalan yang akan memasuki kawasan warga terutama bagi tamu dari luar, untuk memastikan tamu tersebut mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan dipesan selalu jaga jarak.

“Mari kita dukung program Pemerintah sesuai dengan Implementasi Penerapan Inpres no 6 Tahun 2020 tentang peningkatan pendisiplinan dan penegakkan hukum protokol kesehatan covid 19 dengan peran warga langsung sehingga virus corona bisa diatasi,” jelas Kapolsek Kepanjenkidul