Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si secara tegas menyatakan perang terhadap segala aksi premanisme yang ada di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Hal itu bertujuan untuk menjaga kondusifitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Dijelaskan oleh Kapolres, pemberantasan aksi premanisme merupakan salah satu fokus yang selalu ditekankan oleh pimpinan Polri baik Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Nico Afinta maupun Kapolri, Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Kami akan secara tegas dan tidak akan memberikan ruang kepada pelaku premanisme di wilayah hukum Polres Blitar Kota, apapun bentuknya tidak akan kami biarkan,” ujarnya, Sabtu (12/06).

Maka dari itu, lanjut Kapolres, dirinya telah menginstruksikan kepada seluruh Polsek jajaran untuk secara aktif melakukan patroli pengawasan ke wilayah-wilayah guna mengantisipasi adanya aksi premanisme. Selain itu, juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam program pemberantasan aksi premanisme tersebut, dengan cara segera melaporkan segala tindakan yang mengarah pada gangguan Kamtibmas di lingkungan.

“Sudah kami siapkan layanan kepolisian di kontak 110, segala aksi premanisme mulai dari pemalakan, pengancaman dan lain sebagainya dapat dilaporkan ke nomor tersebut,” terang orang nomor satu di lingkungan Polres Blitar Kota itu.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi main hakim sendiri jika terjadi aksi premanisme di lingkungan. Sebab, hal itu dapat berpotensi menambah kegaduhan dan justru membahayakan bagi masyarakat yang ada disekitar.

“Pada prinsipnya, percayakan pada aparat kepolisian. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa negara tidak akan kalah dan memberikan ruang kepada siapa saja yang hendak mengganggu stabilitas Kamtibmas,” pungkas Kapolres.