Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.IK.,M.Si mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Blitar, bertempat di Istana Gebang, Jalan Sultan Agung, Kota Blitar.

Ditemui seusai upacara, Kapolres mengatakan, momentum Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni ini harus mampu dijadikan sebagai ajang bangkit dari keterpurukan kondisi yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19.

“Artinya, semangat jiwa nasionalis kita harus tumbuh dan bangkit, dengan salah satu wujud yakni melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19,” katanya, Selasa (01/06).

Menurutnya, dengan kesadaran itu, masyarakat dapat berperan serta dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Blitar Kota secara khusus dan Indonesia umumnya.

Sebab, jika keadaan segera kembali normal seperti biasa, maka sektor-sektor yang sebelumnya terdampak juga dapat berangsur-angsur pulih. Ia mencontohkan, yaitu upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

“Kita semua tahu, bahwa Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi aktifitas masyarakat. Dan oleh karenanya juga ekonomi masyarakat menjadi terganggu dan akhirnya mengalami penurunan,” imbuh Yudhi.

Maka dari itu, ia benar-benar menegaskan kepada masyarakat untuk mengarahkan jiwa nasionalismenya untuk membentuk kesadaran tentang prokes Covid-19 di lingkungan terdekat, mulai dari keluarga dan masyarakat.