Menjelang lebaran, pusat pertokoan atau perbelanjaan di Kota Blitar mulai ramai dipenuhi pembeli, oleh karenanya petugas gabungan dari POLRI TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar gencar melaksanakan pengawasan protokol kesehatan (Prokes).

Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, seperti biasanya menjelang perayaan Hari Idul Fitri, masyarakat selalu berbondong-bondong mempersiapkan momen istimewa tersebut dengan membeli baju, Snack dan lain sebagainya.

“Otomatis, tempat-tempat pusat perbelanjaan atau pertokoan akan dipenuhi pembeli. Yang mana pada lokasi tersebut menjadi riskan adanya pelanggaran aturan protokol kesehatan,” ujarnya, Selasa (04/05)

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi adanya kluster penyebaran baru Covid-19 petugas meminta kepada pemilih toko untuk menyediakan pegawai khusus yang bertugas mengatur penerapan Prokes pembeli, terutama agar pembeli tidak membuat kerumunan.

Menurut Yudhi, pada saat kondisi yang ramai, masyarakat atau pembeli menjadi riskan mengabaikan Prokes dan secara tidak sadar berhimpitan antara satu pembeli dengan pembeli yang lainnya.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk juga memperhatikan kondisi saat berbelanja, jangan sampai niat baik persiapan untuk lebaran justru membuat hal-hal yang tak diinginkan,” papar Kapolres.

Terakhir, Yudhi menyebutkan bahwa pihaknya akan mengintensifkan patroli penerapan Prokes di tempat pusat perbelanjaan dan pertokoan untuk menghindari adanya kluster penyebaran baru Covid-19 di wilayah hukum Polres Blitar Kota.