Guna optimalkan penjagaan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) di wilayah hukum Polres Blitar Kota, Kapolres, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si, meminta fungsi Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) untuk ditingkatkan.

Hal itu disampaikan olehnya pada saat memberikan pandangan tentang kegiatan di bulan ramadhan pada masa Pandemi dalam momen rapat kordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Blitar bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat, Jumat (16/04).

Ia menjelaskan, dengan memfungsikan peran masyarakat dalam kegiatan siskamling dapat meminimalisir adanya pergerakan-pergerakan ormas yang justru dikhawatirkan bisa membuat buruk Sitkamtibmas.

“Tidak ada ormas-ormas yang melakukan sweeping, karena ormas bukanlah simbol dari negara,” tegasnya.

Lanjut Kapolres, secara pokok dan prinsip urusan keamanan adalah merupakan tanggung jawab dari instansi TNI dan Polri. Sehingga, setiap kegiatan yang berkaitan dengan Sitkamtibmas seyogyanya harus berdasarkan komunikasi dan koordinasi dengan kepolisian.

“Bila ada informasi terkait dengan Khamtibmas sampaikan kepada kami, akan kami tindaklanjuti secara langsung dan sesingkat-singkatnya,” pungkas Kapolres.