Segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Blitar Raya, yakni Walikota Blitar, Kapolres Blitar Kota, Kapolres Blitar dan Pgs Dandim 0808 Blitar melaksanakan kegiatan pencanangan anak dan saudara asuh asal Papua yang ada di Blitar, Jumat (09/04).

Kegiatan itu, diikuti oleh Wakil Walikota Blitar yakni Tjujuk Sunario mewakili Walikota Blitar, Santoso yang pada kesempatan tersebut tidak bisa hadir. Juga diikuti oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela dan Pgs Dandim Letkol Arm M Muslikh.

Dijelaskan oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si, program tersebut adalah upaya untuk memupuk kesadaran kepada seluruh masyarakat dimana setiap wara negara memiliki hak yang sama tanpa membedakan ras, suku, agama, dan lain sebagainya.

“Ini untuk memberikan motivasi dan rasa aman kepada anak-anak asal Papua yang ada di Blitar, serta memberikan kepada mereka kesempatan yang sama dalam meraih prestasi di sekolah masing-masing,” katanya.

Adapun anak dan saudara asuh yang menghadiri kegiatan itu adalah, Anselmus Iyai, Grivel Eden Bindosano dan Riyan Boy Marweri yang masih berstatus pelajar dan Tresia Kristiana beserta anaknya bernama Marco yakni warga Desa Wonotirto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

“Sebisa mungkin, kedepan akan kami berikan bantuan-bantuan bagi saudara-saudara asal Papua serta solusi-solusi jika terdapat masalah yang dialami,” ujar Yudhi.

Pada kesempatan itu, masing-masing dari unsur pimpinan diberikan tanggung jawab untuk mengasuh anak atau saudara asal Papua. Adapun perincian pencanangannya adalah, Riyan Boy Marweri kepada Walikota Blitar, Amselmus kepada Kapolres Blitar Kota, Theresia Kristiana beserta anaknya Marco kepada Kapolres Blitar dan Grivel Eden Bindosano kepada Pgs Dandim 0808 Blitar.