Polres Blitar kota menyiapkan tiga pos penyekatan untuk mengendalikan pemudik yang akan masuk Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Heri Setyawan mengutarakan, tiga pos tersebut berada di Kecamatan Wonodadi, Udanawu dan Ponggok.

“Kita menyiapkan tiga titik nantinya yang ada di Udanawu Wonodadi Udanawu dan Ponggok dalam rangka mengantisipasi adanya warga masyarakat Blitar yang akan mudik masuk Blitar,” kata Yudhi usai Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik di Jalan Merdeka Kota Blitar, Senin (26/4/2021).

Yudhi menjelaskan, Polres Blitar Kota telah berkordinasi dengan Pemerintah Kota Blitar terkait larangan mudik. Dikatakannya, Pemkot Blitar telah menyiapkan tempat karantina bagi pemudik yang nekad masuk ke kota Blitar.

“Pemkot Blitar telah menyediakan dua tempat untuk karantina. Sesuai dengan instruksi pemerintah pusat bahwa akan pemudik dikarantina selama 5 hari,” tambahnya.

di tempat yang sama, Wali Kota Blitar Santoso menegaskan bahwa Pemerintah Republik Indonesia melarang seluruh masyarakat yang ada di seluruh Indonesia tidak kecuali termasuk Kota Blitar untuk mudik. Tujuannya adalah supaya masyarakat selamat dari paparan Covid 19.

“Karena kita juga belum tahu kapan Pandemi ini berakhir. Oleh karena itu lah sebagai bentuk antisipasi pemerintah pusat kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Santoso, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah ketika sehabis libur panjang selalu terjadi lonjakan kasus Covid 19. Agar tidak terjadi hal yang sama, maka lebaran tahun ini dilakukan larangan mudik. Dengan harapan, tidak akan terjadi peningkatan kasus Covid 19.

“Larangan mudik ini harus kita sikapi dengan positif sehingga tidak akan menyebabkan ledakan kasus Covid 19 paska lebaran,” urainya.

Selain itu, Santoso menegaskan, PPKM Mikro yang diterapkan di Kota Blitar sudah menunjukkan hasil yang positif. Ia menyebut, 95 persen RT RW di kota Blitar sudah masuk zona hijau. Sehingga larangan mudik akan sangat efektif bagi Kota Blitar untuk mempertahankan zona hijau tersebut.

“Trend yang sudah positif ini jangan sampai nanti paska mudik lebaran akan meningkat,” tegasnya.