Kapolres Blitar Kota didampingi Dandim 0808 Blitar dan Satgas Covid-19 Kota Blitar pagi ini memantau pelaksanaan giat tes swab massal bertempat di halaman Ponpes Nurul Ulum Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, Sabtu (07/08).

Kegiatan tes swab massal ini dilakukan secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun, kurang lebih sebanyak 26 orang santri yang terdata untuk dilakukan di swab pagi ini,

Kapolres Blitar Kota AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan S.I.K., M.Si melalui Paur Humas Iptu Ahmad Rochan menjelaskan “Peninjauan ponpes ini dilakukan untuk merumuskan beberapa langkah guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Dari total 186 santri, 26 diantaranya masuk daftar kontak erat dan sudah mengikuti swab PCR. Berdasarkan informasi dari puskesmas, puluhan santri ini dalam bergejala batuk, pilek dan hilang penciuman, namun hasil swab PCR-nya belum diketahui”.

Menurut Paur Humas Polres Blitar Kota, meski pihak ponpes sudah menyediakan tempat karantina khusus, namun selama beberapa hari ke depan Ponpes di Jl. Ciliwung ini akan dipantau oleh Satgas Covid-19. Pihak ponpes juga tidak diperkenankan menyelenggarakan kegiatan yang mengumpulkan massa. Santri juga dilarang keluar masuk area ponpes tanpa izin pengurus.

Diberitakan sebelumnya bahwa santri di Ponpes Jl. Ciliwung diketahui positive Covid-19 saat screening kesehatan jelang vaksinasi Covid-19. Yang bersangkutan mengalami gejala batuk, demam dan anosmia. (mda-humas)