BLITAR – Kanit Sabhara Polsek Udanawu IPDA Heri Bowo menghadiri acara Musyawarah rencana Kerja PPM TB, di aula Kantor Kecamatan Udanawu. kamis (30/01/2020).


Dalam acara tersebut dihadiri oleh Dr. Puskesmas Udanawu Dr. Yunike, Koramil Udanawu Peltu Sutanto, Kanit Sabhara Polsek Udanawu Ipda Heri Bowo, Kasubag Umum dan Kepegawaian Bpk. Agus Susilo dan hadirin dari perwakilan masyarakat tiap – tiap desa se – Kecamatan Udanawu.

TBC atau TB (Tuberkulosis) adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia.


TBC ( Tuberculosis ) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.

Penduduk Indonesia termasuk nomer 2 setelah India terkena penyakit TBC, sehingga dengan sosialisasi jejaring eksternal dan linsek ( lintas Sektoral ) di harapkan bisa menemukan kasus TBC untuk dapat di laporkan ke Puskesmas dan dapat di lakukan pengobatan di puskesmas tanpa biaya atau gratis.

Setelah adanya penemuan kasus TBC, dari Puskesmas akan terjun ke perkampungan dan melakukan pengecekan dengan orang yang sering melakukan kontak dengan orang yang terkena kasus TBC.
Dalam kesempatan tersebut Kanit Sabhara Polsek Udanawu IPDA Heri Bowo menyampaikan, dengan adanya kegiatan Musyawarah rencana Kerja PPM TB ini, kepolisian sangat mendukung dan membantu Puskesmas Udanawu untuk menyampaikan kepada masyarakat melalui Bhabinkamtibmas di masing – masing desa binaan.

Kapolsek Udanawu AKP Eko Suryadi, S.H. mengatakan “dengan kehadiran Polisi dalam rangka sosialisasi Musyawarah rencana Kerja PPM TB, sangat bermanfaat di samping mengetahui tentang bahaya TBC penyakit yang menular ini, juga mengetahui bagaimana cara mencegah agar tidak terkena atau tertular penyakit TBC dan hasil dari sosialisasi ini akan kami sampaikan melalui Bhabinkamtibmas untuk di sosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui bahaya mengidap penyakit TBC dan mengetahui bagaimana cara mencegah agar tidak tertular penyakit TBC,” ujar Kapolsek.

( HUMAS POLSEK UDANAWU POLRES BLITAR KOTA )