Pada hari Senin, tanggal 25 Juli 2022 tepat Pukul 07.00 Wib. Upacara Hari Senin telah di mulai, peserta upacara telah baris tertata rapi dan untuk pembina upacara dari Kepolisian Sektor Udanawu – Polres Blitar Kota.

Aipda Sunanto S.H. selaku Kanit Binmas Polsek Udanawu telah menjadi pembina Upacara bendera tersebut, dalam amanatnya Aipda Sunanto menyampaikan hal hal yang berkaitan dengan berlalu lintas yaitu sosialisasi Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) kepada siswa siswi SMP 1 Negeri Udanawu.

Polsek Udanawu melalui Kanit Binmasnya mengajak seluruh siswa siswa SMP 1 Udanawu untuk tertib berlalu lintas dan meningkatkan etika dalam berlalu lintas, sehingga dapat mencegah terjadinya fatalitas kecelakaan di jalan.

Sosialisasi ini dilakukan guna memberikan pembekalan sekaligus pengetahuan tentang tertib berlalu lintas, sehingga nantinya diharapkan siswa siswi SMP 1 Udanawu bisa menerapkan pengetahuannya dan dapat menjadi contoh ataupun pelopor keselamatan berlalu lintas bagi masyarakat banyak.

Dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ yang dimaksud dengan lalu lintas ialah gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan.

Etika berlalu lintas adalah tingkah laku para pemakai jalan dalam melaksanakan Undang-undang dan peraturan-peraturan lalu lintas serta norma-norma sopan santun antara sesama pemakai jalan.

Tata tertib lalu lintas dibuat dengan tujuan, agar seluruh pengendara dapat sampai tujuan dengan selamat. Untuk itu, wajib memperhatikan rambu-rambu yang berlaku. Rambu-rambu lalu lintas memang difungsikan untuk memandu pengguna jalan raya. Supaya tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Kapolsek Udanawu Akp. Anjun Sudaryanto S.Sos. melalui Kanit Binmas Aipda Sunanto menghimbau kepada siswa siswi SMP 1 Udanawu – Blitar untuk lebih taat terhadap aturan lalu lintas, serta tetap memakai helm SNI. Apabila belum cukup umur untuk berkendara diharapkan untuk tidak mengendarai kendaraan yang, karena bisa berakibat pada kecelakaan, yang tentu saja merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.