Curah hujan yang semakin tinggi mengakibatkan debit air sungai meningkat, Aipda Roni Agus S beserta dengan anggota jaga Polsek Udanawu melaksanakan giat kontrol aliran sungai atau debit air diwilayah hukum Udanawu pada hari Jum’at (21/01/22) siang.

Ka Spk Polsek Udanawu Aipda Roni Agus S mengatakan bahwa kita cek debit air untuk deteksi dini bencana kebanjiran agar tidak berimbas ke warga, tidak lupa selalu mengingatkan warga sekitar apabila debit air mulai meningkat agar segera melaporkan ke Polsek Udanawu serta memberikan himbauan protokol kesehatan.

Patroli ini sendiri merupakan satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri, sebagai usaha mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan potensi gangguan alam dan gangguan nyata dengan cara mendatangi, menjelajahi, mengamati, mengawasi, memperhatikan situasi, dan atau kondisi yang diperkirakan menimbulkan gangguan nyata yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan kepolisian.

Menurutnya selain sosialisasi, pihaknya juga memetakan daerah terjadi bencana alam. Mengingat sejumlah daerah di wilayahnya yang rawan terjadi bencana alam dan menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah di aliran sungai maupun di selokan.

Terkait tanggap bencana, jajarannya terus berkoodinasi dengan unsur terkait lainnya baik dari Koramil Udanawu maupun dari kecamatan Babat termasuk kesiapan dalam mengantisiapsi bahaya banjir dan angin puting beliung yang sewaktu-waktu bisa terjadi mengingat intensitas curah hujan dalam waktu dekat terpantau terjadi peningkatan.

Di tempat terpisah Kapolres  Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudarianrto S. Sos membenarkan bahwa kita cek debit air dialiran sungai untuk antisipasi dini bencana kebanjiran serta sebagai wujud pelayanan prima Kepolisian kepada masyarakat,” pungkasnya