Blitar Kota – Polres Blitar Kota kembali hadir mendatangi langsung masyarakat untuk menyerap aspirasi maupun mendengarkan keluhan masyarakat melalui program “Jum’at Curhat”. Kegiatan Jumat Curhat kali ini dilaksanakan di Lojonggo 4 Resto & Coffe Bar, Slemanan, Kecamatan Udanawu, Jum’at 24/02/2023.

Jum’at Curhat kali ini dipimpin langsung Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono, didampingi PJU Polres Blitar Kota dan Kapolsek Udanawu.

Hadir dalam giat Jum’at tersebut Forkopimcam Udanawu, Tokoh agama dan Tokoh Masyaeakat serta Gapoktan desa Slemanan, Komunitas peternak Slemanan, dan Para Kader Posyandu.

Melalui kegiatan Jum’at Curhat, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono menyampaikan bahwa pihaknya bisa betul-betul mengetahui kondisi masyarakat di lapangan.

“Program Jum’at Curhat merupakan salah satu upaya pembinaan kemitraan Polres Blitar Kota dengan masyarakat, di mana Polri dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian,” Kata Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono.

AKBP Argowiyono juga menyampaikan selain sebagai sarana bertatap muka dengan warga desa dan menampung aspirasi serta keluhan, kegiatan Jum’at Curhat juga menjadi sarana pihak kepolisian untuk memberikan edukasi serta menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

AKBP Argowiyono juga menyampaikan pesan kepada anggota gapoktan untuk tidak perlu khawatir dengan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi. Kemudian disampaikan juga kepada peternak untuk selalu memantau kesehatan hewan ternak agar terhindar dari PMK dan penyakit lainnya. Polres Blitar Kota akan mengupayakan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami para petani dan peternak.

Disampaikan juga kepada warga menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul fitri utnuk tidak membuat mercon / petasan dikarenakan dapat membahayakan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

Untuk sesi tanya jawab salah satu masyarakat Desa Slemanan, Rowi menanyakan terkait pupuk subsidi bagi petani. Dilanjutkan dengan pertanyaan lain dari Bowo tentang harga pakan ternak.

Lain halnya dengan saudara Agus , menanyakan tentang pelayanan SIM Keliling dan juga keluhan masyarakat yaitu para petani yang disawah takut kena ETLE.

Beberapa pertanyaan masyarakat langsung dijawab oleh AKBP Argowiyono. Berkaitan dengan pupuk subsidi dan pakan ternak bagi petani dan peternak, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar segera mendapatkan solusi untuk harga dan stok pupuk subsidi dan pakan ternak yang beredar agar mudah untuk didapatkan.

Sedangkan untuk pelayanan SIM Keliling AKBP Argowiyono akan memaksimalkan pelayanan terkait sim keliling namun sim Keliling hanya diperuntukkan untuk perpanjangan.

Kemudian untuk ETLE di wilayah hukum Polres Blitar Kota masih ada di 3 titik namun untuk incar kita pelaksanaannya keliling.

“Kami harapkan warga tetap disiplin mentaati peraturan lalu lintas seperti memakai helm dan juga melengkapi kendaraanya sesuai spechnya untuk menghindari pelanggaran dan tidak ditilang,” ujarnya.

Selanjutnya AKBP Argowiyono mengatakan bahwa, dengan saran dan masukan yang diberikan kepada tugas dan tanggung jawab kepolisian khususnya di Polres Blitar Kota dapat meningkatkan kualitas kinerja kedepannya.

“Intinya kami sangat membutuhkan saran, kritik, dan informasi masyarakat. Melalui program Jum’at Curhat ini sebagai bahan evaluasi kami dalam rangka membenahi, memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas kinerja pelayanan,” ujarnya.