Menjelang Bulan Ramadhan tahun 1442 H, Polres Blitar Kota melaksanakan kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD) dengan tema Menciptakan Situasi Kamtibmas Menjelang Ramadhan tahun 1442 H Pada Masa Pandemi Covid-19, Rabu (07/03).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Kantor Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar itu diisi oleh Wakapolres Blitar Kota, Kompol Pratolo Saktiawan dan Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso dengan peserta yang terdiri dari kepala kecamatan, para Kapolsek jajaran, perwakilan tokoh agama dan masyarakat, serta perwakilan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah Rayon Barat (Wonodadi, Srengat, Udanawu).

Wakapolres Blitar Kota, Kompol Pratolo Saktiawan atas seijin Kapolres, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk saling bertukar ide dan gagasan terkait dengan cipta kondisi pada Bulan Ramadhan mendatang.

“Kami berikan pemahaman pentingnya untuk membangun kesadaran masyarakat dalam upaya penyebaran Covid-19, mulai dari pencegahan sampai dengan penanganannya,” katanya.

Menurutnya, dengan terbentuknya sebuah kesadaran ditengah masyarakat, akan berdampak pada efektifitas pelaksanaan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Blitar yang cepat dan tepat.

Hal itu, lanjut Wakapolres, akan mampu di capai dengan kekompakan dan sinergitas antara aparatur negara tiga pilar bersama dengan tokoh-tokoh agama maupun masyarakat yang ada di lingkungan.

“Yang tidak kalah pentingnya juga adalah menjaga keamanan Kamtibmas wilayah, sesuai dengan arahan Kapolres bahwa Posko PPKM tidak hanya menjadi pusat kontrol kesehatan masyarakat, tetapi juga pusat kendali keamanan lingkungan,” pungkas Pratolo.