Polres Blitar Kota bersama Kodim 0808 Blitar, Pemerintah Kota dan Kabupaten Blitar menggelar Rapat Koordinasi Rencana Pengamanan Pelaksanaan Protokol Kesehatan New Normal yang akan segera diterapkan hari Selasa tanggal 02 Juni 2020 bertempat di gedung Patriatama Polres Blitar Kota. Dalam rapat koordinasi tersebut akan dibahas mengenai kesiapan dan rencana pengamanan serta pendisiplinan masyarakat dalam penerapan New Normal.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH mengatakan ada beberapa tempat yang menjadi antisipasi diantaranya tempat moda transportasi, pusat perekonomian seperti pusat perbelanjaan, mall dan pasar tradisional. Pada prinsipnya, TNI, Polri bersama Satpol PP siap untuk melakukan pengamanan dan pendisiplinan protokol kesehatan diruang publik. Selain itu Dinas Kesehatan juga telah menyiapkan protokol atau aturan kesehatan yang akan disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan new normal.

Leonard menambahkan diharapkan kerja sama dan kooperatif para pemangku kepentingan, pengelola moda transportasi, pusat perbelanjan, pasar dan ruang publik lainya untuk segera menyiapkan sistem, sarana dan prasarana protokol kesehatan serta petugas internal yang akan melaksanakan protokol tersebut jelang penerapan New Normal Life di Blitar.