Polsek Sukorejo – Personil Polsek Sukorejo melakukan sterilisasi dan pengecekan di Kelenteng Poo An Kiong yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Jumat (24/01/2020).

Dibawah kendali Panit Intelkam Iptu Mas’ud personil Polsek Sukorejo melakukan pengamanan di Klenteng Poo An Kiong jelang perayaan Hari Raya Imlek untuk memastikan wilayahnya kondusif sekaligus menjamin warganya yang hendak beribadah di hari raya itu berlangsung dengan khidmat.

Iptu Mas’ud mengatakan pengamanan Klenteng Poo An Kiong di wilayah hukum Polsek Sukorejo dilakukan dengan cara sterilisasi area serta patroli keliling petugas sebagai upaya preventif.

“Kita pastikan aman dan kondusif tanpa gangguan apapun agar warga kita yang beribadah juga tidak terganggu,” katanya.

Sementara Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH mengatakan Klenteng Poo An Kiong sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Kendati warga sekitar mayoritas muslim, namun toleransi antar umat beragama di wilayahnya tetap terjaga.

“Kami dari Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota tentunya akan senantiasa melakukan pengamanan Tahun Baru Imlek di sini,” ucapnya.

Menurut dia, Klenteng Poo An Kiong selalu ramai dikunjungi warga di setiap perayaan Imlek. Selain didatangi warga Tionghoa untuk sembahyang banyak warga lainnya yang juga datang untuk menyaksikan hiburan yang ditampilkan seperti atraksi Barongsai.

Kapolsek Sukorejo mengatakan, Pengamanan ini bertujuan agar kegiatan ibadah warga Tionghoa di Klenteng Poo An Kiong dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan kondusif.

“Kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan antar umat beragama, khususnya di wilayah Kota Blitar ini,” kata Kapolsek Sukorejo.