Polsek Sukorejo – Sat Samapta dari Polres Blitar Kota bersama personil Polsek Sukorejo melakukan sterilisasi untuk memastikan keamanan di gereja-gereja yang melaksanakan ibadah dalam rangka perayaan paskah, Termasuk memeriksa setiap jemaat yang hendak beribadah. Jum’at 15 April 2023.

Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH melalui Kanit Intel AKP Mas’ud mengatakan “Pertama-tama kami lakukan adalah sterilisasi di gereja-gereja. Kemudian cara bertindak, lebih ditingkatkan dalam hal pengamanan bersama-sama dengan pengamanan internal. Cara bertindak seperti apa juga sudah ada SOP misalnya, berpedoman protokol kesehatan, menggunakan keamanan yang ada, dan pengamanan-pengamanan lainnya,” ujarnya.

Setiap jemaat yang akan masuk juga akan diperiksa barang bawaannya. “Bahkan pihak gereja sudah menyarankan pada umat sebaiknya tidak usah membawa tas biar tidak terlalu lama dalam pemeriksaan. Jadi melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap jemaat yang masuk ke dalam gereja, memeriksa seluruh barang-barang yang dibawa masuk,” ungkapnya.

Kanit Intelkam menyampaikan, personel gabungan TNI-Polri juga akan melakukan patroli di setiap gereja yang melakukan ibadah dalam rangka Perayaan paskah.

“CCTV semuanya sudah ada, kita sudah berkoordinasi dengan pihak gereja, di satu sisi kami juga berpatroli terus di ring-ring luarnya. Pokoknya kami berupaya melayani para umat yang akan melaksanakan ibadah di gereja,” Imbuhnya.

Personel TNI-Polri juga akan berkoordinasi dengan pengaman internal agar ibadah dapat berjalan dengan aman dan kondusif.