Polsek Sukorejo – Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang pada sore tadi berdampak pada sejumlah wilayah di Kota Blitar dan sekitarnya khususnya di wilayah Polsek Sukorejo, Jum’at (21/02/2020).

Menurut laporan terkini dari Aiptu Mulyono selaku KASPK II Polsek Sukorejo setidaknya peristiwa tersebut berdampak pada 7 (tujuh) TKP di wilayah hukum Polsek Sukorejo diantaranya yaitu :
1. Pohon tumbang 1 (satu) jenis lamtoro di tanah pekarangan tepi jalan RT. 4 RW. 4 Kel. Tlumpu. dahan pohon sudah di potong dan tidak mengganggu jalan.
2. Pohon jenis waru sebanyak 11 (sebelas) batang dan 1(satu) pohon jenis wadang, yang letaknya di area tanah tegalan, dan salah satu pohon waru yang tumbang mengenai teras bangunan rumah milik Bapak Sunar RT. 4 RW. 4 Kel. Tlumpu, tidak ada korban jiwa, rumah keadaan kosong, kerugian material teras rumah, dibersihkan warga setempat dengan gotong royong.
3. Di Jalan Tanjung Kel. Pakunden, terdapat 2 (dua) pohon lindung tepi jalan, yang dahan/rantingnya patah jatuh dijalan raya, sudah dibersihkan, arus lalu lintas lancar, tidak ada korban jiwa ataupun material.
4. Di Jalan Mayang selatan Pasar Legi Kel. Sukorejo, terdapat 2 (dua) pohon lindung tepi jalan yang dahan/rantingnya patah/semplah dan jatuh di jalan raya, mengenai kabel telepon, sudah dibersihkan/ditepikan, jalan raya dapat dilewati, tidak terdapat korban jiwa maupun material.
5. Di Jalan Cepaka Kel. Sukorejo, terdapat 1 (satu) pohon lindung tepi jalan yang dahan/rantingnya patah dan jatuh di jalan raya, tidak terdapat korban jiwa, kerugian materil kabel telepon putus, sudah ditepikan kabel teleponnya juga dahan/ranting, jalan raya sudah dapat dilalui kendaraan yang melintas.
6. Di Jalan Tanjung Kel. Blitar, 1 (satu) pohon lindung yang ranting/dahannya patah/semplah dan jatuh di jalan raya, tidak terdapat korban jiwa, korban material kabel telepon putus, dahan/ranting dan kabel telephone sudah dibersihkan, dan jalan sudah dapat dilewati.
7. Pohon waru tumbang sebanyak 2 pohon di dalam pasar hewan dimoro yang mengenai kabel listrik didalam Pasar Hewan dan tempat mengikat kambing.

Ditempat lain Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH juga mengatakan bahwa “Hujan disertai angin kencang hari ini berdampak di 3 (tiga) Kecamatan di Kota Blitar yaitu di Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Kepanjen Kidul dan Kecamatan Sanan Wetan,” pungkasnya.

Selain itu, ada beberapa rumah juga mengalami kerusakan lantaran tertimpa pohon tumbang hingga atap beterbangan dan kabel telepon putus karena tertimpa pohon.

Pohon tumbang juga menyebabkan jaringan listrik dan telepon putus di wilayah Polsek Sukorejo dan sekitarnya.

Kompol Slamet Pujiono, SH selaku Kapolsek Sukorejo membenarkan adanya kejadian Hujan disertai Angin terjadi di wilayah hukumnya.

“Bencana alam hujan dan angin ini terjadi di beberapa kelurahan wilayah Polsek Sukorejo dan akibat dari kejadian ini tidak ada korban jiwa dan korban materil masih dalam pendataan dari masing masing desa yang terkena musibah,” jelas Kompol Slamet Pujiono, SH

Sementara sampai dengan saat ini dilaporkan bahwa kegiatan kerja bakti dan pembersihan bersama TNI dan POLRI serta warga masyarakat sudah selesai dan arus lalu lintas kembali lancar situasi kondusif aman terkendali.