Warga dihebohkan dengan penemuan suatu benda yang mirip mortir yang sudah berkarat. 3 orang pencari besi asal Blitar menemukan satu benda yang diduga merupakan mortir di sungai Brantas perbatasan Srengat Blitar dan Rejotangan Tulungagung hari Senin siang tanggal 27 Juli 2020. Lokasi ditemukannya benda mirip mortir tersebut berada di bawah jembatan nguri yang menghubungkan Blitar – Tulungagung.

Kapolsek Srengat Kompol Durohman saat dikonfirmasi membenarkan penemuan suatu benda mirip mortir dan menjelaskan mortir sepanjang 1 meter dengan diameter 30 centimeter itu ditemukan warga di pinggir sungai Brantas yang berada di perbatasan Kecamatan Srengat Blitar dengan Kecamatan Rejotangan Tulungagung sekitar jam 2 siang, dengan kondisi sudah berkarat. Benda diduga mortir itu ditemukan Bluri bersama 2 orang temannya saat sedang mencari serpihan atau sisa besi di sungai Brantas. Mereka tidak sengaja menemukan benda yang diduga mortir. Benda itu kemudian diangkat ke pinggir sungai. Khawatir atas kejadian penemuan mortir itu, Bluri melaporkannya ke Polsek Srengat.

Polsek Srengat saat ini masih berkoordinasi dengan Polsek Rejotangan karena lokasi penemuan sudah masuk di perbatasan Blitar dan Tulungagung.P Polisi belum bisa memastikan, apakah mortir itu aktif atau tidak namun diketahui untuk pemicunya sudah tidak ada.