Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan wilayah Udanawu, Polsek Udanawu melaksanakan pengamanan pasar Ta’jil yang merupakan kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan sehingga perlu kehadiran polisi untuk mengendalikan situasi Kamtibmas.  pada hari ini Kamis tanggal 14 April 2022 anggota Polsek Udanawu turut hadir di lapangan untuk mengamankan lokasi pasar Ta’jil di depan KUD jalan raya Kediri-Blitar mulai pukul 16.00 WIB.

 

Pengamanan dilakukan Polsek Udanawu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti copet, curas, curat dan curanmor yang mungkin saja bisa terjadi. Untuk itu menggunakan mobile Backbone patroli Polsek Udanawu standby hingga jelang buka puasa, masyarakat yang akan membeli Ta’jil terus berdatangan dengan senang dan gembira, namun tidak menurunkan kewaspadaan karena hadirnya polisi tentu karena dinilai wilayah berkemungkinan kriminalitas itu ada. Apalagi ramai seperti ini menjadi sasaran empuk bila kita tidak hati-hati dan cuek terhadap lingkungan, selain itu polisi juga menghimbau kepada masyarakat melalui megaphone untuk menjaga barang pribadi dan juga kendaraan jangan lupa meninggalkan kunci di motor.

 

Demi mewujudkan rasa aman dan nyaman Polsek Udanawu juga menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan cara membagikan masker gratis kepada masyarakat yang datang tanpa menggunakan masker. Kegiatan ini merupakan kepedulian terhadap sesama agar dapat berjalan dengan lancar semua kegiatan yang dilakukan. Selama Polisi berada di lokasi pasar Ta’jil terpantau lalu lalang aman terkendali bisa teratur saat berbelanja.

 

Hingga pukul 17.00 Wib mulai berkurang masyarakat yang mencari ta’jil, karena mobile Backbone selalu bergerak sepanjang jalan untuk memantau situasi keramaian. Masyarakat turut melambaikan tangan ke polisi menunjukkan bahwa polisi sangat dekat dengan masyarakat, sehingga memudahkan dalam bertugas di lapangan. Sampai Maghrib jalanan sudah sepi masyarakat berbuka di rumah masing-masing, para penjual mulai tutup mengemasi dagangannya dan pulang.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditanya ” Kegiatan pasar Ta’jil merupakan peningkatan ekonomi pada saat bulan Ramadhan, untuk itu Polsek Udanawu siap mengamankan jalannya kegiatan Ta’jil hingga menjelang buka puasa. Agar masyarakat terbiasa dengan pengamanan yang dilakukan polisi, maka kegiatan berlangsung setiap hari”. Ungkap Kapolsek Udanawu.