Lomba balap bakiyak yang diikuti oleh Forpimda Blitar Raya
Lomba balap bakiyak yang diikuti oleh Forpimda Blitar Raya

BLITAR, PROKLAMATOR-Menyemarakkan momentum hari ulang tahun (HUT) RI ke 71, Kodim 0808 Blitar menggelar berbagai perlombaan permainan tradisional .

Bertempat di lapangan Purworejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, Sejumlah permaianan mulai dari balap karung, balap kelereng, makan kerupuk, tarik tambang, dan memecahkan balon diikuti ratusan peserta dari lintas Instansi, Polri, TNI, siswa SD dan masyarakat sipil. Terkhusus untuk lomba balap bakiyak, pesertanya adalah Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Blitar Raya.

Lomba balap bakiyak mendapat sambutan paling meriah, bagaimana tidak, lomba ini pesertanya adalah Dandim, Bupati, Kapolres Kota, Kapolres Kabupaten, Walikota, pimpinan DPRD, dan perwakilan Instansi. Pemenang lomba adalah peserta yang mencapai finih paling cepat.

Lomba balap bakiyak dimenangkan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Blitar dengan waktu 1 menit 12 detik, disusul Pemkab Blitar dengan waktu 1 menit 45 detik dan juara ketiga diraih Polres Blitar dengan waktu 1 menit 47 detik.

Komandan Kodim 0808 Blitar, Letkol Arh Surya Dani mengatakan perlombaan permainan tradisional yang digelar kali ini adalah untuk memeriahkan HUT ke 71 RI, dimana perlombaan tradisional seperti ini rutin dilakukan setiap tahun oleh masyarakat Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan.

“Kita ingin melestarikan tradisi. Kami ajak Forpimda juga, agar ingat masa-masa lalunya serta menjalin kekompakan diantara pimpinanBlitar Raya,” kata Surya Dani.

Bupati Blitar, Rijanto mengatakan perlombaan tradisional yang diiprakarsasi Kodim 0808 Blitar ini sangat bagus untuk memupuk persatuan dan kesatuan antara Forpimda dan warga masyarakat.

“Lombanya sangat bagus, ini tadi kami baru saja mengikuti lomba balap bakiyak, ini bagus untuk memupuk persatuan dan kesatuan khususnya Forpimda di Blitar Raya, agar semakin kompak,” kata Rijanto.

Sementara itu, Kapolres Blitar Kota AKBP Yossy Runtukahu mengatakan acara perlombaan ini juga sebagai mewujudkan rasa syukur kemerdekaan RI. TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat harus senantiasa kompak mewujudkan cita-cita Negara.

“Lomba ini bagus untuk menjalin silaturahmi dan mewujudkan kekompakan. Di era kemerdekaan ini semua elemen harus selalu bersatu padu meewujudkan kesejahteraan umum sesuai dengan cita-cita kemerdekaan,” kata Kapolres Blitar Kota.(rfk)