Polsek Sanankulon – Satpam atau Satuan Pengamanan merupakan pengemban fungsi Kepolisian terbatas. Dalam tugasnya soerang Satpam berperan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Untuk itu anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon Bripka Dian Sulistrianto melaksanakan patroli dialogis dengan menyambangi pos pengamanan Bank BRI Unit Sanankulon. Dalam kunjungannya ini petugas memberikan arahan dan semangat kepada Satpam untuk lebih peka terhadap hal-hal yang mencurigakan dan berpotensi terjadinya kejahatan. Selasa, 3 September 2019.

Keberadaan petugas Satpam ini sangat membantu tugas tugas Kepolisian di daerah. Rasio jumlah anggota Polri yang tidak seimbang dengan obyek masyarakat atau belum memenuhi jumlah optimal sehingga tidak dapat mencakup semua lini dalam pengamanan. Oleh karenanya dengan peran serta Satpam ini sangat meringankan tugas Kepolisian dalam menjaga keamanan serta mencegah potensi gangguan kriminalitas.

Dalam kesempatan itu pula Bripka Dian juga mengecek kelengkapan Satpam berupa tongkat dan Borgol agar Satpam dapat meningkatkan profesionalnya dalam bekerja. Kemudian tak lupa petugas juga menyampaikan agar Satpam segera memberitahukan atau melapor setiap permasalahan kamtibmas yang tejadi di wilayah tugasnya agar segera dapat ditindak lanjuti sehingga situasi tetap aman dan kondusif.

Kapolsek Sanankulon melalui Kanit Sabhara Iptu Sukono mengatakan bahwa Polri tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga dan meciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, tapi perlu peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkannya termasuk petugas Satpam ini. tutur Kanit Sabhara.