BLITAR-Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Blitar memonitoring sejumlah gereja di Kota Blitar yang melaksanakan ibadah Natal, jum at 24/12/2021 malam.

Wali Kota Blitar Drs Santoso mengatakan, peninjauan ke beberapa gereja yang ada di Kota Blitar ini dalam rangka memastikan umat Kristiani melaksanakan ibadah dengan aman, nyaman, dan damai.

“Monitoring kita di 3 Gereja yang sudah melaksanakan alhamdulillah berjalan lancar dan jumlah jemaat cukup banyak dan untuk menghindari kumpulnya jemaat sudah dibagi beberapa gelombang, mudah mudahan selama pelaksanaan perayaan natal berjalan aman dan kondusif. Pengamanan sudah cukup bagus baik dari segi protokol kesehatan dan pengamanan.” ujar Walikota Drs Santoso

Ia mengapresiasi para pengurus gereja yang telah menjalankan protokol kesehatan di gereja-gereja. Dirinya berharap pelaksanaan ibadah di gereja bisa berjalan dengan baik.

Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan SIK MSi menerangkan, sejauh ini wilayah hukum Blitar Kota seluruhnya dalam keadaan aman, kondusif, lancar, dan tertib.

“Tadi sore kita sudah melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan kegiatan malam natal yang langsung saya pimpin malam ini kita lakukan pengecekan dibeberapa gereja bersama Walikota, Dandim dan Danyon serta Opd Terkait. Dengan kegiatan ini kita tujuannya adalah memastikan berkaitan dengan pengamanan TNI Polri dan Opd Terkait mudah mudahan dalam pelaksanaan kegiatan Pam Natal ini berjalan aman dan lancar,” ujar AKBP Yudhi

Ia menambahkan, hampir sebagian besar gereja sudah menerapkan protokol kesehatan di antaranya dengan bergantian melaksanakan ibadah dan membatasi jumlah jemaatnya hanya sekitar 50 persen dari kapasitas gereja.