Blitar Kota – Bus Vaksinasi Door to Door Kota Blitar kembali melayani penyuntikan vaksinasi Covid-19, kali ini di SMK 1 Kota Blitar, Rabu 04 Agustus 2021. Bus Vaksinasi Keliling Door To Door ini sebelumnya telah dilaunching oleh Walikota Blitar, Kapolres Blitar Kota dan Dandim 0808 Blitar untuk mendukung percepatan program Vaksinasi khususnya di Kota Blitar. Kegiatan ini juga untuk mendukung percepatan vaksinasi untuk 38.000 siswa SMA-SMK se-Jawa Timur oleh Pemerintah Provinsi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar Didik Jumianto- mengatakan vaksinasi Covid-19 secara massal ini juga dilaksanakan secara serentak di Kabupaten-Kota di Jawa Timur. Setiap daerah, ditargetkan melakukan penyuntikan 1.000 dosis vaksin. Oleh sebab itu, dalam kegiatan ini 1.000 siswa dari SMK 1 Kota Blitar menjadi sasaran utama penyuntikan vaksin Covid-19. Sebab, lembaga pendidikan ini memiliki jumlah siswa paling banyak di Kota Blitar.

Dalam pelaksanannya sendiri, Didik juga menerjunkan lima tim dari beberapa fasilitas kesehatan Covid-10. Layanan dimulai dari jam 08.00-15.00 WIB diperuntukkan siswa kelas XI dan XII dari 6 departemen atau jurusan.
Didik berharap, pelaksanaan vaksinasi ini dapat mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar. Target minimal capaian vaksin dosis I dan II sebesar 70% untuk membentuk herd immunity, sedangkan capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar baru 58% untuk dosis satu.