Polsek Kepanjenkidul mendukung Pemerintah dalam menjalankan program ketahanan pangan dengan budidaya ikan Nila. Hal itu sebagai wujud kongkrit upaya menjaga ketersediaan pangan di tengah pandemi COVID-19.

Kegiatan budidaya ikan nila itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Kepanjenkidul Kompol Agus Ahmad Fauzi, S.H diampingi tiga Pilar Kelurahan Kepanjenkidul dan relawan kampung tangguh lingkungan ndongki kelurahan Kepanjenkidul , Kamis (9/7/2020)

Kapolsek Kepanjenkidul mengatakan kegiatan tabur bibit ikan Nila ini, Polsek Kepanjenkidul bekerjasama dengan warga di linkungan kampung tangguh dilangsungkan yang berlokasi di Kolam ikan lingkungan ndongki

“Program ketahanan pangan sangat diperlukan dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini dan nantinya hasil.panen ikan bisa di manfaatkan oleh warga sekitar sehingga bisa mengurangi beban di.masa pandemi covid 19 ini

Disebutkannya lagi, untuk itulah kegiatan ini sebagai upaya Polres Blitar Kota melalui Polsek Kepanjenkidul dalam mengatisipasi  ketersediaan bahan pangan dan mendukung pemerintah dalam mensosialisasikan program ketahanan pangan.

“Dampak dari pandemi COVID-19 akan sangat berpengaruh terhadap hasil perikanan. Sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan perikanan baru, yang diharapkan mampu menghasilkan stok ikan agar tidak terjadi kelangkaan bahan ikan di saat menuju kehidupan normal (New Normal),” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolsek menilai, program budidaya ikan nila mampu membantu menjaga ketahanan pangan masyarakat Kecamatan Kepanjenkidul. Diharapkan Polsek Kepanjenkidul untuk dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk ikut mendukung dan melaksanakan program ketahanan pangan dan dapat juga dilakukan dengan menanam sayur-sayuran ataupun yang lainnya, sebab hal itu efektif untuk mencegah terjadinya krisis pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Ada pun jumlah bibit ikan yang ditabur sebanyak 1.000 bibit ikan Nila di kolam berukuran 3 m x 10 m berlokasi di Kampung tangguh ndongki Kelurahan Kepanjenkidul .

Ke depannya Kapolsek berharap, budidaya itu menjadi salah satu sumber daya yang akan diandalkan dalam memenuhi kebutuhan dan pemberdayaan ekonomi di tengah masyarakat menuju kehidupan normal. Dan program tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.