Polsek Sanankulon – Jajaran pejabat utama Polres Blitar Kota yang dipimpin oleh Waka Polres Kompol Nurhalim malam ini melaksanakan kegiatan sambang Kampung Tangguh Semeru Desa Kalipucung Kecamatan Sanankulon. Selasa 14 Juli 2020. Bertempat di Kantor Desa, rombongan disambut oleh Kepala Desa beserta jajaran dan tokoh masyarakat termasuk para relawan Covid yang tergabung dalam pemuda Desa Plosoarang. Kegiatan Sambang ini bertujuan tidak lain adalah untuk bersama menyatukan tekad demi memutus serta mencegah penyebaran virus corona dimasa adaptasi kehidupan baru saat ini.

Hal ini direspon positif oleh warga masyarakat menyusul semakin meningkatnya kasus pasien positif serta keleluasaan masyarakat beraktifitas yang kurang memahami betul apa itu yang disebut adaptasi kehidupan baru dimasa pandemi saat ini. Kekhawatiran ini sangat beralasan karena sampai saat ini upaya yang dapat dilakukan hanya sebatas mencegah dan menghindari dari potesi paparan virus covid ini. Dengan mentaati protokol kesehatan ketika manjalani aktifitas sehari hari inilah satu satunya langkah yang dapat dilakukan. Dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan, makan angka kasus positif maupun reaktif dapat ditekan semaksimal mungkin.

Wakapolres Blitar Kota dalam sambutannya mengatakan bahwa peran Kampung Tangguh Semeru dalam mencegah penyebaran virus ini sangatlah stratregis. Dengan mengedukasi waraga masyarakat secara mandiri untuk senantiasa disiplin mematuhi protokol kesehatan. Dalam struktur Kampung Tangguh yang sistematis ini warga masyarakat sekitar juga tidak perlu panik dalam menghadapi kasus covid yang ada dilingkungan. Walaupun sudah ada tim relawan yang berkedudukan diposko, namun keberadaan kampung tangguh ini juga memberikan pengetahuan serta cara bertindak dalam menghadapi serta penanganan pertama apabila terdapat kasus kasus yang berkaitan dengan covid mulai dari mekanisme masuknya orang luar daerah hingga pencegahan dini yang diterapkan dalam lingkungan keluarga. ungkap Wakapolres Blitar Kota yang selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Kami warga masyarakat Desa Plosoarang sudah membentuk call center yang bertempat di Kantor Desa jauh sebelum Kampung Tangguh ini digaungkan, karena kami sadar tanpa peran aktif dari semua lapisan masyarakat maka mustahil pencegahan terhadap virus corona ini akan berhasil. Dengan keberadaan Kampung Tangguh ini maka akan menyempurnakan langkah kami dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona sehingga tidak semakin meluas. tutur salahsatu relawan Covid Desa Plososarang.