Polsek Sanankulon – Kita sudah sepatutnya bersyukur atas nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila, karena Pancasila memiliki fungsi menjadi Ideologi Negara, sebagai dasar negara dan merupakan kepribadian bangsa Indonesia. Pancasila dapat juga dimaknai sebagai sumber dari segala sumber hukum. Dan hari ini, tanggal satu Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2016, tanggal 1 Juni 1945. Pancasila harus ditegakkan dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pemasangan banner atau spanduk hari Pancasila hendaknya tidak sebatas pada ceremonial dalam memperingati hari lahirnya saja, namun harus diisi dengan semangat dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju. Nilai nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus terus bergelora dalam semangat Rakyat Indonesia dalam aplikasi nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat.

Mengutip pidato Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo, “Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa. Menguji pengorbanan, kedisiplinan dan kepatuhan kita terhadap anjuran pemerintah dalam upaya tangkal virus corona ini. Dalam menghadapi semua ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi Bintang Penjuru untuk menggerakkan semua komponen bangsa, mempertebal rasa persatuan dan kesatuan dalam mengatasi semua tantangan yang ada dan tentu saja mengetuk rasa kepedulian kita untuk saling berbagi dengan sesama melaui kegotong royongan. “Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita, Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan Pemerintah, nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat Rakyat Indonesia.”.