Menjada stabilitas keamanan wilayah Udanawu menjadi tugas utama Polsek Udanawu, Sholat Tarawih di Ponpes Mambaul Hikam Mantenan mendatang ribuan jemaah yang hadir dan menimbulkan kerumunan, Pondok tersebut memiliki murid ditambah dengan jemaah dari berbagai daerah yang setiap sholat Tarawih pasti sangat ramai sekali hingga memenuhi jalan raya Kediri-Blitar Udanawu, Polsek Udanawu hadir memberikan pelayanan pengamanan dan juga pengaturan lalu lintas agar kendaraan lalu lalang dengan lancar. Minggu, 17 April 2022

 

 

Dalam rangka membantu kelancaran arus lalin yang padat kendaraan, Polsek Udanawu hadir terlebih dahulu pukul 18.30 WIB untuk mengawali sebelum datangnya para jamaah. Pada pintu masuk menuju Masjid anggota Polsek Udanawu dipimpin Aipda Agus P melaksanakan pengaturan jalur bagi orang yang menyebrang ke arah Ponpes hingga Ikhomah berbunyi, kemudian bergeser ke dalam untuk mengamankan jalannya sholat Tarawih antisipasi kerawanan seperti curat, curas dan curanmor ketika di dalam.

 

Kegiatan berlangsung sangat cepat mengingat Ponpes dikenal sholat dengan cepat selesai, Anggota Polsek Udanawu kembali ke jalan raya untuk pengaturan bagi jamaah yang mau keluar area Ponpes Mambaul Hikam. Karena banyaknya kendaraan yang lewat pengaturan dibantu juga dari Murid Ponpes sendiri jadi supaya lebih aman. Dengan menggunakan mobile Backbone lampu rotator blue light dinyalakan menandakan keberadaan Polisi di tempat ramai bertujuan untuk mencegah tindakan kriminalitas yang bisa saja terjadi.

 

Pengendara sepeda motor sangat patuh terhadap polisi yang melakukan pengaturan sehingga memudahkan anggota Polsek Udanawu dalam mengurai kemacetan yang terjadi, pukul 19.30 WIB situasi jalan keluar Ponpes sudah mulai sepi dan tidak ada hal menonjol atau kriminalitas yang terjadi, semua berkat kehadiran polisi dalam mengamankan kegiatan sholat Tarawih di Ponpes Mambaul Hikam Mantenan. Masyarakat jadi terbiasa dengan kehadiran polisi karena dimudahkan urusannya dalam perjalanan.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditemui “pada bulan Ramadhan wilayah Udanawu selaku terpusat pada Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan karena sholat Tarawih mendatangkan ribuan jamaah, sehingga menimbulkan kerawanan masyarakat yang bisa saja terjadi seperti balap liar, pencurian motor, jambret, dll. Untuk itu Polsek Udanawu akan hadir setiap hari pada sholat Tarawih untuk membantu menjaga situasi Kamtibmas yang baik”. Ujar Kapolsek.