Penerapan New Normal Life akan segera dilakukan. Untuk memastikan kepatuhan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan dalam penerapan New Normal Life, Polres Blitar Kota bersama TNI dan Pemkot Blitar melaksanakan pengecekan fasilitas umum, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah hari Kamis tanggal 04 Juni 2020. Kepatuhan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan ditempat umum sangat dibutuhkan untuk kehidupan yang lebih baik ditengah pandemi virus corona.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, SH, SIK, MH mengatakan bahwa Polri bersama TNI dan Pemkot Blitar melaksanakan pengecekan fasilitas umum, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah untuk kesiapan penerapan new normal life di wilayah kota Blitar. Selain memberikan himbauan juga memastikan kepatuhan masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan kepada pemilik toko, mall dan pengurus tempat ibadah serta pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Leonard menambahkan, nantinya para pengelola tempat umum dan tempat ibadah dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan serta melengkapi fasilitas yang diperlukan seperti tempat cuci tangan atau hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh dengan thermogun, dan pengunjung yang akan masuk ke tempat umum maupun tempat ibadah wajib menggunakan masker serta tempat antrian dibuatkan jarak.
Bersama sama dengan melakukan pengecekan bersama Forkopimda kota Blitar sampai sejauh mana masyarakat kota Blitar siap untuk menerapkan protokol kesehatan dalam new normal life.