Blitar – Polres Blitar Kota menggiatkan patroli ke semua mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang ada di sejumlah titik wilayah hukum Polres Blitar Kota, Kamis (22/3/2018). Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah adanya aksi skimming yang sedang marak terjadi dan merugikan masyarakat khususnya nasabah bank dibeberapa wilayah lain.

Patroli tersebut dilakukan petugas Sabhara Polres Blitar Kota ke sejumlah Mesin ATM yang terletak di Jalan Ir Soekarno Kota Blitar area Makam Bung Karno “Kami melaksanakan tugas patroli ke Mesin ATM bersama dengan Petugas dari BRI karena saat ini tengah  marak aksi skimming dibeberapa wilayah lain ,” kata Kasat Sabhara Polres Blitar Kota AKP Wahono kepada wartawan disela sela Patroli.  Skimming merupakan aksi pencurian data nasabah dengan menggunakan alat penyadap.

Penyadap data ATM tersebut biasanya hanya cukup konfirmasi melalui sambungan telpon ataupun merekam PIN nasabah bank.

Menurut AKP Wahono kasus skimming untuk sementara di Kota Blitar belum ada. “Namun kami lebih awal preventif dan menghimbau para nasabah untuk waspada dan kalau mau ambil uang di ATM mohon lebih teliti dan apabila ada hal hal yang dicurigai segera lapor kepolisi maupun petugas bank, ” kata Wahono

Patroli siang ini dilaksanakan di 4 titik Mesin ATM diwilayah Hukum Polres Blitar Kota dan pelaksanaanya anggota Sabhara dan petugas BRI tidak menemukan barang yang dicurigai.

Selain itu menurut Petugas dari BRI jika ada benda yang mencurigakan berupa stiker atau benda menonjol lainnya di mesin ATM, warga bisa segera melaporkan ke kepolisian terdekat atau pihak keamanan maupun petugas Bank terdekat. Karena saat ini banyak masyarakat yang resah terhadap skimming yang lagi marak terjadi.

Ditambahkan oleh Kasubaghumas Ipda Sjamsul bahwa patroli ini merupakan tindak lanjut dari MOU antara Polres Blitar Kota dengan para pihak Bank kemarin siang terkait tindak kejahatan skimming dan keamanan para nasabah bank diwilayah hukum polres Blitar Kota.