Dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku)  pada hewan ternak sapi yang sedang menjadi trend saat ini, Personil Polsek Ponggok dan Koramil Ponggok  tepatnya mendatangi salah satu warga Desa Dadaplangu yang memiliki peternakan Sapi pada hari Selasa(28/6).

Pada kesempatan tersebut, Personil Polsek dan Koramil melakukan peninjauan sekaligus penyemprotan disinfektan ,terhadap kandang sapi milik warga dan menyampaikan  pesan pesan terkait pencegahan terhadap PMK (penyakit Mulut dan kuku ) pada hewan ternak seperti Kerbau, Sapi dan Kambing.
Menurut Aipda Joko yang saat itu melaksanakan giat penyemprotan disinfektan ,menerangkan kepada pemilik peternakan tentang upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK ini, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kesehatan yaitu dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan  menyemprotkan disinfektan sekitar kandang agar kandang tetap dalam keadaan bersih.
Selain itu,  juga menghimbau agar warga masyarakat tidak perlu panik karena penyakit PMK ini, karena tidak menular kepada manusia.
“Apabila kalau ada hewan ternak yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat,  agar segera mendapatkan pengobatan dengan baik,” kata Aipda Joko Berujar.(*)