Dalam menciptakan bulan Ramadan yang aman, nyaman dan kondusif, Polsek Ponggok Polres Blitar Kota mengoptimalkan unit patrolinya. Selain pengamanan kegiatan masyarakat dan lokasi-lokasi padat aktivitas, salah satu yang menjadi perhatian adalah kantor perbankan.

Kapolsek Ponggok AKP Sony Suhartanto, S.H. menegaskan, beberapa hari terakhir tingkat aktivitas masyarakat di kantor-kantor perbankan memang cenderung meningkat.

Hal tersebut tak lepas dari transaksi keuangan di bulan ramadan yang memang mengalami peningkatan pula. Termasuk diantaranya adalah masyarakat yang berniat menukarkan uang dengan pecahan uang baru.

“Tren kejahatan di bulan ramadan biasanya naik. Ini yang kita antisipasi sejak awal khususnya kriminalitas seperti pencurian, penipuan hingga perampokan nasabah bank.” Ujar AKP Sony Suhartanto S.H.

Kapolsek menuturkan khusus pengamanan di lokasi perbankan, Polsek Ponggok menjadikan sasaran utama dalam patroli. Artinya, setiap hari di jam jam rawan dan acak petugas patroli akan datang ke Perbankan dan bersinergi bersama Satpam setempat.

Selain itu, patroli mobile baik dari Unit patroli samapta, dan fungsi tertutup seperti unit reskrim dan unitintelkam juga dikerahkan untuk memantau dinamika Kamtibmas khususnya area perbankan secara mobile.

“Jadi, rute patroli kita arahkan ke kantor-kantor bank. Tidak sekadar berkeliling tapi juga berdialog dan mengawasi lalu lintas keluar masuk orang. “Imbuhnya.

Dengan gencarnya patroli terutama pada jam-jam rawan gangguan Kamtibmas mampu menekan niat dan kesempatan para pelaku kejahatan dan mengeliminir potensi gangguan keamanan lainnya sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan dengan khyusuk.