Polres Blitar Kota pada hari Minggu tanggal 23 Februari 2020 mengadakan Car Free day. Agenda ini untuk mendukung program pemerintah kota Blitar untuk menggalakkan olah raga maupun kegiatan masyarakat lainnya yang bertempat di depan alun alun, taman pecut kota Blitar atau jalan Merdeka dan sekitarnya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, S.I.K, MH melalui Kasat Lantas AKP Haris Darma Sucipto, SH, S.I.K mengatakan giat Car Free Day yang diadakan pemerintah kota Blitar didukung oleh Polres Blitar Kota dengan melakukan penutupan atau rekayasa lalu lintas. Hal ini untuk memberi kesempatan bagi warga kota Blitar untuk beraktifitas di alun alun dan sekitarnya tanpa kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang melintas ataupun mengganggu. selain itu Satlantas Polres Blitar Kota juga memberikan pelayanan bus Simling bagi yang ingin memperpanjang sim juga mobil samling bagi yang ingin ingin membayar pajak tahunan.

Lokasi yang dijadikan area Car Free Day yakni Jalan Merdeka atau tepatnya mulai perempatan sumber waras sampai pertigaan masjid agung. Selama pelaksanaan kegiatan jalan merdeka akan ditutup. Kegiatan Car Free Day diisi dengan senam tera bagi lansia juga ada pelayanan samping yang untuk perpanjangan Sim dan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan.