Polsek Sanankulon – Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh Polri dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan adalah menerjunkan para petugas Bhabinkamtibmas secara rutin melakukan kegiatan sambang dan patroli dialogis di lokasi atau daerah yang rawan terjadinya Karhutla di desa Kalipucung Kecamatan Sanankulon. Rabu 14 Agustus 2019. menggunakan gerobak.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Kalipucung Kecamatan Sanankulon Bripka Winarto yang melaksanakan sambang dan Patroli dialogis dengan menemui petani yang merupakan warga binaannya. Nampak petani sedang mengangkut sisa tanaman yang sudah kering menggunakan gerobak. Dalam kegiatannya tersebut Bripka Winarto berdialog dengan warganya untuk mengajak bersama sama menjaga agar daerah kita tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan dengan cara tidak membakar sisa tanaman yang sudah mengering. Namun sisa tanaman tersebut bisa digunakan untuk pakan ternak atau pupuk kompos.

Secara terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH menuturkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan himbauan yang dilaksanakan oleh para petugas Bhabinkamtibmas ini sebagai upaya Polri untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Semua itu dapat terwujud apabila ada kerjasama dari seluruh warga masyarakat dalam menanggulangi ancaman kebakaran lahan disaat musim kemarau saat ini. Personil Polsek Sanankulon selalu mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak sembarangan menyalakan api di tempat-tempat yang rawan terjadinya kebakaran seperti membakar sisa tanaman di lahan persawahan guna mencegah kebakaran lahan serta mencegah timbulnya asap yang dapat mengganggu kesehatan. Pungkas kapolsek Sanankulon.