Bripka Nuki wahyu sedang berdialogis dengan warga masyarakat.

Sanankulon – Sebagai anggota Bhabnkamtimas, salah satu tugas utamanya adalah membina masyarakat untuk tertib dalam semua hal. Kegiatannya diantara lain adalah sambang dan kunjung kepada semua warga masyarakat yang di Desa Binaannya. Dengan keterbatasan anggota Polsek Sanankulon, maka kegiatan sambang atau kunjung ke desa ini dirangkap saat anggota melaksanakan patroli wilayah.

Bripka Nuki sedang berdialogis dengan petani di Desa Sumberingin.

Kegiatan sambang ini diisi dengan berdialogis dengan warga masyarakat. Dimanapun anggota harus mampu berdialogis untuk menyampaikan pesan pesan kamtibmas yang diembannya. Suatu misal saat berpatroli menemui petani yang sedang menggarap sawah. Maka petani dihimbau untuk tetap berhati-hati saat memarkir kendaraannya, lengkapi kendaraan dengan kunci ganda agar terhindar dari aksi kejahatan.

Salah satu petani yang ditemui mengatakan, “saya awalnya takut didatangi Pak Polisi, apa saya ada masalah. Namun setelah mengobrol saya jadi tidak takut, bahkan pak Polisi memberitahu saya untuk berhati-hati ketika memarkir sepeda motor karena sering terjadi pencurian sepeda motor. Pak Polisi menyarankan untuk memasang kunci tambahan biar sepeda motor saya aman saat saya tinggal bekerja di sawah, terimakasih Pak”. tutur wahyudi petani warga Desa Sumberingin.

Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani SH melalui Kanit Binmas Aiptu Sutomo mengatakan bawasannya ketika anggota sedang berpatroli, maka tugas yang dijalankannya ganda. Selain berpatroli untuk antisipasi gangguan kamtibmas, juga merangkap sebagai anggota Binmas untuk sampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat yang ditemuinya. Disisi lain langkah ini lebih efektif untuk mencegah tindak kejahatan dan memelihara siskamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Sanankulon.