BLITAR — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di seluruh wilayah Kabupaten Blitar sudah masuk ke tahapan Visi dan Misi bakal calon. Selasa (08/09/2019).

Untuk melaju menjadi kandidat kepala desa periode mendatang guna meraih suara terbanyak menjadi kepala desa pilihan masyarakat di lingkungan desa masing-masing. Banyak strategi yang dilakukan oleh masing calon kepala desa dan para kader dalam meraih simpati masyarakat.

Dalam mengantisipasi adanya berbagai kemumngkinan mencegah terjadi konflik antar masyarakat dalam pemilihan Pilkades. Sesuai perintah Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K, M.Si. kepada seluruh Polsek jajaran anggar memberdayakan Bhabinkamtibmas sebagai sumber informasi deteksi dini.

Selain itu juga dengan pendekatan sambang dan patroli dialogis secara intensif dalam memberikan himbauan pesan kamtibmas kepada masyarakat dan para calon kepala desa. Diharapkan strategi ini dapat meminimalisir atau mencegar terjadinya konflik antar masyarakat masing-masing para pendukung calon kepala desa.

Kapolsek Udanawu AKP Eko Suryadi S.H mengatakan salah satu Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Agus S melaksanakan sambang ke salah satu rumah calon kepala Desa Sukorejo, Kecamatan Udamawu yang bernama Bpk Kusbianto. Hal ini untuk mengantisipasi segala macam gangguan kamtibmas selama tahapan pilkades serentak.

“Langkah-langkah yang Bhabinkamtibmas ambil salah satunya memberikan pesan kamtibmas kepada para calon kepala desa dan para kader pemenangannya” ujarnya.

Pengawasan poleh Bhabinkamtibmas terhadap desa binaanya bertujuan dapat langsung melakukan pencegahan dini permasalahan yang timbul sewaktu tahapan Pilkades sehingga tidak terjadi suatu gangguan kamtibmas dan tidak terjadi gesekan antara kader masing masing calon.

”Saya harap agar para pendukung tetap menjaga situasi desa kita tetap aman dan kondusif, jangan saling menjelekkan atau memprovokasi antar Calon dan pendukungnya, jangan menyebarkan berita berita bohong yang bisa membuat antar warga dan para pendukung pasangan Calon tidak rukun dan terpecah pecah,” pesan AKP Eko Suryadi S.H.

(Humas Polsek Udanawu Polres Blitar Kota)