Polsek Sukorejo – Untuk mengantisipasi masuknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo melakukan penyemprotan kandang sapi dengan cairan disinfektan. Hal itu seperti dilakukan oleh Aipda Dodik Kristiawan selaku selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo. Jum’at 13 Mei 2022.

Aipda Dodik Kristiawan selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo menggencarkan sosialisasi kepada warganya terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara menyemprotkan disinfektan dikandang yang ada di wilayah Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut pada hewan ternak yang ada di wilayah binaan kelurahan Pakunden dan sekitarnya.

Selain itu, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono, SH, SIK, M.Si melalui Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH meminta untuk para pengusaha ternak dan para Peternak bila mana ada hewannya yang terkena penyakit maka harus segera di laporkan kepada pihak terkait. Langkah tersebut diperlukan agar tidak menular pada hewan-hewan yang lain.

Adapaun untuk ciri-ciri penyakit hewan ternak yang terkena penyakit kuku dan mulut diantaranya demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta ada luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah dan tidak mau makan. Selain itu kukunya juga luka, sehingga sulit untuk berdiri, gemetaran, dan napasnya cepat.

Untuk itu, Kapolres Blitar Kota mengerahkan seluruh personel Bhabinkamtibmas yang ada di jajaran Polsek, untuk sosialisasi penyakit mulut dan kuku kepada warga yang memiliki ternak sapi maupun kambing.

Para peternak diingatkan terus menjaga kebersihan kandang serta kesehatan hewan ternak agar tidak terpapar virus PMK.

“Sejak kemarin, anggota Bhabinkamtibmas sudah keliling menyambangi warga yang memiliki hewan ternak,” katanya.

Aipda Dodik Kristiawan selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo menyatakan, dari hasil pemeriksaan, sejauh ini di wilayahnya belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku.

“Semua hewan ternak di wilayah Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar dalam kondisi sehat, akan tetapi Virus bisa terjadi dan merambah kemana-mana, untuk itu saya Aipda Dodik mengajak warga kelurahan Pakunden dan sekitarnya untuk menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak sapi maupun kambing dengan melakukan penyemprotan disinfektan di kandang untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), ucapnya.