Polsek Sanankulon – Aiptu Maskur Efendi selaku anggota Bhabinkamtibmas terjun langsung ke desa binaan untuk memberikan hasil Rapid Tes beberapa orang terdekat dan pernah kontak langsung dengan salahsatu warga yang dinyatakan positif terjangkit covid-19. Minggu 19 Juli 2020. Dengan tetap memperhatikan instrumen kesehatan, Aiptu Maskur Efendi bersama dengan relawan Covid Desa Purworejo menghimbau kepada masayarakat untuk tetap mentaati semua protokol kesehtan guna cegah Covid.

Alhamdulillah dari beberapa warga hasil penelusuran orang terdekat dan pernah kontak langsung dengan warga yang dinyatakan positif Covid, hasil Rapid tesnya negatif dan menunjukan non reaktif. Namun demikian semua harus senatiasa waspada serta berhati hati ketika berhadapan dengan ancaman virus ini. Hanya ada satu cara yaitu mencegah, dengan menjaga jarak dan melindungi diri dengan masker, potensi terpapar covid dari warga yang positif akan berkurang. Kami juga memberi motivasi kepada warga yang positif covid untuk tetap optimis dan mempercayakan sepenuhnya kepada tindakan medis.

Secara terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa apabila dilingkungan kita terdapat warga yang menunjukkan gejala Covid seperti radang tenggorokan atau batuk batuk kering, agar menyarankan segera memeriksakan diri ke posko covid yang ada di desa. Apabila yang berangkutan kurang proaktif, maka dapat melaporkan kepada tenaga medis untuk dikunjungi guna diperiksa kondisinya. Hal ini semata bertujuan untuk secara dini memutus mata rantai penyebaran covid sebelum meluas ke orang lain yang ada disekitarnya. Kami juga berpesan kepada warga masyarakat untuk tidak mengucilkan dari lingkungan masyarakat, justru berikan semangat dan motivasi kepada warga yang dinyatakan positif untuk tetap tenang dan segera mendapat penanganan medis agar lekas sembuh dan kondisinya segera pulih seperti sedia kala. ungkap Kapolsek.