Polsek Sanankulon – Bhabinkamtibmas adalah anggota kepolisian yang ditunjuk selaku pembina keamanan dan ketertiban masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Bhabinkamtibmas adalah terwujudnya situasi keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat yang mantap dan dinamis dalam rangka mengamankan dan menyukseskan pembangunan nasional. Hal inilah yang berusaha diwujudkan oleh Aiptu Maskur efendi selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon melalui peningkatan dan optimalisasi Bhabinkamtibmas melalui kegiatan sambang dialogis dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada di desa binaan. Minggu 23 Februari 2020.

Bhabinkamtibmas memiliki fungsi dan peran sangat strategis dalam mewujudkan kemitraan antara Polri dengan masyarakat, sehingga secara bersamasama mampu mendeteksi gejala yang dapat menimbulkan potensi gangguan kamtibmas yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, Bhabinkamtibmas juga dituntut mampu untuk mendapatkan solusi dalam menghadapi suatu masalah sosial tertentu dan mampu untuk memelihara situasi keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Kapolsek Sanankulon melalui KAnit Binmas Aiptu Sutomo mengatakan bahwa optimalisasi tugas Bhabinkamtibmas ini sangatlah penting dalam menjawab semua problematikan kamtibmas yang terjadi di desa binaan. Dengan keaktifan anggota Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan kegiatan kegiatan Kepolisian bersama dengan seluruh elemen masyarakat maka pemeliharaan kamtibmas akan benar benar terwujud. ungkap Kanit Binmas.